Iklan

Iklan Kompas

Sejak pertama kali terbit, Kompas telah menjadi sarana bagi perusahaan maupun masyarakat yang ingin memasarkan produk atau memuat pemberitahuan. Dimulai dari enam buah Iklan yang dimuat pada edisi perdana 28 Juni 1965, perlahan tapi pasti Kompas berkembang menjadi penyedia akses eksklusif untuk menjangkau khalayak paling potensial.

Hal itu tidak terlepas dari meningkatnya tiras yang membuat iklan sangat efektif, dihitung berdasarkan CPT (cost per thousand/biaya untuk menjangkau seribu pembaca). Selain itu, profil pembaca Kompas juga sangat mendukung, baik secara demografis maupun psikografis.

Sejak pertengahan dekade 1990-an, Kompas secara konsisten menghadirkan beragam produk iklan sesuai kebutuhan pemasang iklan, seperti Advertorial, Korporatorial, Inspiratorial, Seremonia, dan bahkan akhirnya menghadirkan lembar khusus klasifikasi iklan yang disebut Klasika pada 28 Juni 2005.


Profil Media Kompas

Sebagai harian Nusantara, Kompas menjangkau seluruh Indonesia. Meski demikian, tiras terbesar Kompas berpusat di area Jabodetabek, atau lebih spesifik area Jakarta dan sekitarnya. Teknologi cetak jarak jauh memungkinkan Kompas untuk menyapa pembaca di wilayah lain di pagi hari. Saat ini, situs cetak jarak jauh Kompas bisa melayani pembaca di Jawa, Bali, Sulawesi, Kalimantan, dan Sumatera.

Pembaca utama Kompas didominasi oleh laki-laki. Tetapi, dari tahun ke tahun, pembaca perempuan semakin meningkat. Separuh dari total pembaca Kompas berada dalam usia produktif antara 20-39 tahun.

Segmentase ini menjadi panduan bagi mitra kami dalam menentukan strategi promosi yang tepat untuk efektif menjangkau potensi pembaca Kompas. Kompas senantiasa berkomitmen untuk terus membuat inovasi dan strategi baru melayani kebutuhan promosi sesuai dengan kondisi dan perkembangan jaman.