Rubrik

internasional > timur tengah > 19 Penjaga Masjid Al Aqsa Terluka Akibat Serangan...


19 Penjaga Masjid Al Aqsa Terluka Akibat Serangan Israel

JERUSALEM, SENIN — Sebanyak 19 penjaga Masjid Al Aqsa terluka saat polisi Israel menyerbu masuk ke kompleks masjid tersuci ketiga Muslim di Jerusalem Timur yang diduduki, Minggu (26/7). Demikian diungkapkan Direktur Kompleks Al Aqsa Omar Kiswani, seperti dikutip kantor berita Palestina Ma'an.

Polisi perbatasan Israel menahan seorang warga Palestina pengunjuk rasa di kota tua Jerusalem, Tisha B'Av, Minggu (26/7).
REUTERS/Amir CohenPolisi perbatasan Israel menahan seorang warga Palestina pengunjuk rasa di kota tua Jerusalem, Tisha B'Av, Minggu (26/7).

Kiswani mengatakan, mereka mengalami berbagai retak tulang atau goresan akibat serangan polisi Israel dengan pentungan. Tujuh dari mereka terkena pukulan pada bagian kaki dan telapak kaki, sebagian lainnya dipukul pada bagian kepala.

Hari Minggu, polisi Israel menyerbu masuk Masjid Al Aqsa saat bentrok dengan warga Palestina yang marah terhadap dibukanya akses masjid tersebut bagi warga Yahudi yang merayakan Tisha B'av, hari peringatan penghancuran kuil pertama dan kedua mereka di masa-masa kuno.

Warga Palestina melemparkan batu dan kembang api ke arah polisi Israel, yang menembakkan granat, setelah aparat keamanan Israel memasuki kompleks Masjid Al Aqsa. Kiswani mengatakan, 70 pemukim Yahudi memasuki Al Aqsa, Minggu sore, melalui Pintu Maroko.

Mereka dijaga sekitar 150 aparat keamanan khusus Israel. Menurut fotografer AFP di lokasi kejadian, sekitar 300 aparat keamanan Israel memasuki kompleks tersebut saat memulai bentrokan dengan sekitar 200 warga Palestina.

Polisi Israel mengakui, mereka masuk beberapa meter ke dalam masjid untuk menutup pintu-pintu masjid dalam upaya meredakan kericuhan dan mengunci warga Palestina di dalam masjid. Kantor berita Ma'an melaporkan, dalam serbuan itu beberapa karpet masjid terbakar, sejumlah pintu dan tembok rusak.

Ini untuk pertama kali aparat keamanan Israel memasuki Masjid Al Aqsa sejak November 2014, saat bentrokan dengan para jemaah Muslim meletus. Dalam serbuan kali ini, Israel menangkap 5 orang dari kompleks Masjid Al Aqsa.

Media Israel melaporkan, empat polisi Israel juga terluka, dua di antaranya dibawa ke rumah sakit untuk dirawat. Koran Times of Israel melaporkan, ketegangan meningkat di antara komunitas Muslim dan Yahudi setelah muncul video berisi tayangan seorang perempuan Yahudi yang menghina Nabi Muhammad SAW, akhir pekan lalu.

Al Aqsa, atau di kalangan penganut Yahudi disebut "Temple Mount", adalah tempat tersuci ketiga bagi Muslim setelah Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Arab Saudi, serta tempat tersuci bagi pemeluk Yahudi. Tempat suci itu kerap menjadi titik bentrokan dan demonstrasi.

Pemeluk Yahudi diperbolehkan memasuki kompleks tersebut, tetapi dilarang berdoa untuk mencegah bentrokan dengan jemaah Muslim.

Reaksi Palestina-Jordania

Terkait insiden serbuan polisi Israel ke Masjid Al Aqsa, Minggu lalu, pemerintahan Palestina menyatakan, aksi Israel itu bukti "Israel ingin menarik kawasan ke dalam perang agama".

Adapun Jordania, pemegang otoritas penjagaan kompleks Masjid Al Aqsa, menegaskan, "Pelanggaran Israel yang berulang-ulang terhadap tempat suci merupakan provokasi atas perasaan bangsa Arab dan umat Muslim yang dirancang untuk memantik kericuhan lebih lanjut."

November 2014, saat polisi Israel memasuki Masjid Al Aqsa, Jordania-satu dari sangat sedikit negara Arab yang menjalin hubungan diplomatik dengan Israel-menarik mundur duta besarnya dari Israel selama tiga bulan.

Israel merebut Jerusalem timur dalam Perang Enam Hari 1967 dan menganeksasi wilayah itu. Tindakan tersebut tidak pernah diterima komunitas internasional.

Israel menganggap seluruh wilayah Jerusalem sebagai ibu kota yang tidak bisa dipecah-pesah. Namun, Palestina mengklaim wilayah timur kota itu sebagai ibu kota negara yang dijanjikan pada mereka.

(AFP/Ma'an/Al Jazeera)

    Baca Juga

    • Bentrok di Al Aqsa Masuki Hari Ke-2

      JERUSALEM, SENIN Bentrok antara polisi Israel dan warga Palestina di kompleks Masjid Al Aqsa memasuki hari kedua, Senin (14/9), bersamaan dengan perayaan tahun baru umat Yahudi atau Rosh Hashanah. Wa

    • Tentara Israel Tembak Dua Warga Palestina

      Jerusalem, Rabu Pasukan keamanan Israel pada Selasa (10/11) menembak mati dua warga Palestina yang diduga hendak melakukan penikaman di lokasi yang berbeda. Seorang pria berusia 37 tahun ditembak mat

    • Kekerasan Melebar ke Gaza, Hamas Deklarasikan Intifada

      GAZA, SABTU Kekerasan sejak lebih dari sepekan terakhir di Jerusalem telah melebar ke Jalur Gaza. Tentara Israel menembak tewas tujuh warga Palestina dalam bentrokan di beberapa tempat, termasuk sat

    • Raja Abdullah Peringatkan Israel

      JERUSALEM, SELASA Raja Jordania Abdullah memperingatkan Israel agar tidak meneruskan langkah provokatif dalam menangani bentrok antara polisi Israel dan pemuda Palestina di kompleks Masjidil Aqsa, Je

    • Israel Tembak Remaja Palestina hingga Tewas

      JERUSALEM, SENIN Seorang remaja Palestina tewas ditembak aparat keamanan Israel dalam bentrokan di pos pemeriksaan Tulkarem, Minggu (4/10). Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina (PRCS) menyebutkan, h

    KOMENTAR

    Ayo sampaikan pendapat Anda tentang artikel ini!
    Login untuk submit komentar.

    Kembali ke Atas