Rubrik

dikbud > pendidikan > Beasiswa Kursus Bahasa untuk Ciptakan Sejuta...


Beasiswa Kursus Bahasa untuk Ciptakan Sejuta Habibie

JAKARTA, KOMPAS — Euro Management Indonesia berkomitmen meningkatkan jumlah lulusan SMA yang kuliah ke luar negeri. Hal itu dilakukan dengan memberikan beasiswa kursus bahasa asing kepada 1.000 siswa SMA guna menghasilkan sumber daya manusia berkualitas layaknya presiden ketiga RI, Bacharuddin Jusuf Habibie.

Guru  sedang mengajarkan dasar-dasar bahasa Jerman kepada sejumlah siswa penerima beasiswa kursus bahasa asing di Gedung Ir HM Suseno, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2016). Dari lima bahasa yang ditawarkan, bahasa Jerman paling diminati. Bahasa tersebut dipilih oleh 60 persen pendaftar.
Ryan RinaldiGuru sedang mengajarkan dasar-dasar bahasa Jerman kepada sejumlah siswa penerima beasiswa kursus bahasa asing di Gedung Ir HM Suseno, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2016). Dari lima bahasa yang ditawarkan, bahasa Jerman paling diminati. Bahasa tersebut dipilih oleh 60 persen pendaftar.

Presiden Direktur Euro Management Indonesia Bimo Sasongko mengatakan, lulusan SMA sebaiknya segera didorong untuk kuliah ke luar negeri agar bisa menyerap ilmu dari negara maju sehingga bisa bersaing dengan negara tetangga.

Menurut Bimo, jumlah mahasiswa Indonesia di luar negeri masih sedikit dibandingkan dengan beberapa negara tetangga. "Mahasiswa Indonesia di luar negeri hanya sekitar 30.000 orang, sedangkan mahasiswa Malaysia mencapai 60.000 orang," ujarnya, di Jakarta, Sabtu (26/3/2016).

Karena itu, pihaknya membuka pendaftaran beasiswa kursus bahasa asing sejak awal 2016. Saat ini, pendaftaran beasiswa hanya diperuntukkan bagi siswa dari 56 SMA unggulan di Jabodetabek. Bimo berujar, sekitar 700 siswa telah terdaftar di program ini.

Para siswa  SMA unggulan beserta orangtua mengikuti tur dari pihak Euro Management Indonesia di Gedung Ir HM  Suseno, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2016). Mereka dibekali informasi mengenai program beasiswa kursus bahasa.
Ryan Rinaldi
Para siswa SMA unggulan beserta orangtua mengikuti tur dari pihak Euro Management Indonesia di Gedung Ir HM Suseno, Jakarta Pusat, Sabtu (26/3/2016). Mereka dibekali informasi mengenai program beasiswa kursus bahasa.
toto s

Direktur Pendidikan Euro Management Indonesia Nurjannah Luthfiyah menuturkan, bahasa asing yang diajarkan di lembaganya adalah bahasa Jerman, Perancis, Inggris, Jepang, dan Belanda.

Siswa akan diajari bahasa yang mereka pilih selama dua semester dengan satu kali pertemuan setiap minggu. "Jika siswa berprestasi baik di kelas bahasa, kami akan memperpanjang beasiswanya," ujar Nurjannah.

Selain kursus bahasa, pihaknya membekali siswa dengan berbagai informasi mengenai kuliah di luar negeri serta menyelenggarakan tes minat dan bakat. Tujuannya untuk mempermudah siswa untuk kuliah di luar negeri. (C04)

    Baca Juga

    • Optimalkan Kompetensi

      JAKARTA, KOMPAS Perawat termasuk profesi yang terkena dampak kebijakan di era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Untuk meningkatkan daya saing perawat dalam liberalisasi sektor layanan kesehatan, kompetensi t

    • Bahasa Pejabat di Luar Negeri

      Konon dalam perhelatan internasional di Geneva, Swiss, seorang ilmuwan Jepang menyampaikan pidato ilmiah. Di deretan kursi terdepan, duduk, antara lain, duta besar Inggris yang menyimak pidato ilmuwa

    • Aturan Pembatasan ke Luar Negeri Dicabut

      JAKARTA, KOMPAS Ketua Dewan Perwakilan Rakyat yang baru dilantik, Setya Novanto, akan mencabut kebijakan pembatasan ke luar negeri bagi anggota DPR. Tidak hanya itu, pemotongan masa reses anggota DP

    • Langkan

      Bahasa Penting untuk Kemajuan Bangsa Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise menyatakan pentingnya pembelajaran bahasa, baik lokal, nasional, maupun asing, untuk memajuk

    • Dongkrak Kemampuan Berbahasa

      BOSTON, KOMPAS Negara-negara yang tidak berbahasa Inggris sebagai bahasa pertama berlomba mendongkrak literasi bahasa tersebut pada era globalisasi. Brasil dan Meksiko, misalnya, mengalokasikan anggar

    • Sekolah “Internasional“ Berganti Label

      Meski tahun ajaran baru masih beberapa bulan lagi, sebagian orangtua sudah mulai mencari sekolah yang tepat bagi anak-anak mereka. Sekolah pun mulai membuka pintu untuk menyeleksi murid baru, termas

    KOMENTAR

    Ayo sampaikan pendapat Anda tentang artikel ini!
    Login untuk submit komentar.

    Kembali ke Atas