Rubrik

sosok > Berkat "Brothers" dan Keluarga

Sosok Halaman 16 Kompas

Berkat "Brothers" dan Keluarga

Getty Images/Pascal Le Segretain

Russell Westbrook III memang bukan yang terbaik di pentas NBA musim 2016-2017. Namun, NBA menjatuhkan pilihan kepada "point guard" Oklahoma City Thunder (OKC) itu sebagai pemain terbaik (MVP) NBA 2017. Ini seperti mimpi yang jadi kenyataan.

John Wall, point guard Washington Wizards meyakinkan bahwa satu-satunya alasan Westbrook (28) terpilih sebagai MVP NBA 2017 adalah kemampuan Westbrook memecahkan rekor triple double Oscar Palmer Robertson (78) yang dicetak pada musim 1961-1962. "Saya pikir alasan utama pemilihan Russell tidak lain karena ia mampu memecahkan rekor triple double. Sebab, tidak ada yang dapat menduga bisa menyaksikan pemain yang kerap membuat triple double sepanjang musim ini," tutur Wall kepada The Undefeated dan dikutip ESPN.com.

"The Big O", begitu julukan Robertson, mampu menciptakan 41 triple double dalam satu musim saat memperkuat Cincinnati Royals. Klub itu kemudian bermetamorfosis menjadi Sacramento Kings.

Westbrook yang nyaris 10 musim mengarungi arena bola basket NBA, mampu melewati rekor Robertson setelah menorehkan 42 kali triple double pada musim 2016-2017. Ini pencapaian yang luar biasa mengingat untuk dapat mencetak triple double, Westbrook harus mampu mencetak sedikitnya 10 poin, 10 rebound, dan 10 asis.

Westbrook mampu melampaui angka itu dengan rata-rata per gim menorehkan 31,6 poin, 10,7 rebound, dan 10,4 asis. Rata-rata poinnya sedikit lebih banyak dari Robertson yang mencatat 30,8 poin. Namun, rata-rata rebound dan asis yang dibuat Robertson lebih baik, masing-masing 12,5 dan 11,4.

Ada tiga pesaing Westbrook untuk bisa meraih gelar MVP 2017, yakni James Edward Harden Jr (27), shooting guard Houston Rockets yang sebelumnya merupakan teman satu tim Westbrook di OKC. Selain itu, ada Kawhi Anthony Leonard (25), small forward San Antonio Spurs; dan pemain termahal NBA saat ini, LeBron "King" James, small forward Cleveland Cavaliers.

Harden mampu mengantarkan Rockets hingga ke semifinal Wilayah Barat. Sementara Leonard membawa Spurs hingga ke final Wilayah Barat. Sementara itu, "King" James (32) yang sudah delapan kali berturut-turut membawa timnya ke final NBA, musim ini hanya bisa mengantar Cavaliers menjadi peringkat kedua NBA 2017.

Dari para kandidat pemain terbaik itu, Westbrook terpilih dengan 69 suara dari total 101 suara yang dimiliki wartawan peliput NBA. Adapun Harden hanya memperoleh 22, Leonard 9 suara, dan James hanya mendapat 1 suara.

Memang sebelum pemilihan dilakukan, Harden mengingatkan, sebaiknya penyandang MVP NBA merupakan pemain yang mampu mengantarkan timnya ke papan atas, bukan sekadar membuat triple double.

Kenyataannya, beberapa kali triple double yang dibuat Wesbrook, justru di kala OKC harus menelan kekalahan. Alhasil, sekalipun Westbrook menjadi MVP, OKC musim ini hanya ada pada posisi ke-6 Wilayah Barat. Rekor menang-kalah OKC musim ini adalah 47-35.

Pada play off NBA, OKC hanya mampu tampil pada babak pertama karena harus menyerah 4-1 dari Houston Rockets. Padahal, di beberapa laga itu, Westbrook menciptakan triple double.

Demi keluarga

Keputusan sudah ditetapkan dari hasil pemungutan suara 101 wartawan berbagai media di Amerika Serikat. Westbrook menjadi point guard ke-10 yang tampil menjadi MPV NBA setelah Stephen Curry, point guard Golden State Warriors, menjadi MVP dua musim berturut-turut.

Menjadi MVP NBA tak membuat Westbrook jemawa. Westbrook sadar benar bahwa ada pencapaiannya sebagai MVP tak lepas dari sumbangsih teman-temannya di OKC.

Tidak jarang, peluang untuk membuat rebound ataupun mencetak poin itu ada di pemain OKC yang lain, baik itu Victor Oladipo (25) shooting guard, Nick Collison (36) power forward, Andre Roberson (25) small forward, atau Enes Kanter (25) center. Namun, banyak kesempatan itu diberikan kepada Westbrook agar sang kapten tim ini mampu mencetak triple double.

Karena itu, pada acara pemberian penghargaan NBA 2017 di New York, Amerika Serikat, Senin (26/6), Oladipo, Collison, Roberson, dan Kanter yang diundang mewakili teman-temannya di OKC, diminta untuk naik ke panggung. Para pemain yang disapa brothers itu berdiri di belakang Westbrook ketika ia menyampaikan pidato penerimaan penghargaan.

"Sungguh luar biasa. Ini benar-benar berkat bagi saya," kata Westbrook setelah menerima piala MVP NBA 2017 langsung dari Adam Silver, komisioner NBA.

"Saya tidak memberikan ucapan terima kasih kepada siapa pun, kecuali kepada Dia yang ada di atas sana, karena Dia telah memberkati saya dengan bakat untuk bisa ke lapangan dan bertarung pada setiap tingkat, setiap malam," kata Westbrook seperti dikutip ESPN.com.

Westbrook, yang sudah dua kali menjadi pemain terbaik MVP NBA All-Star, juga mengucapkan terima kasih kepada pendukungnya di Oklahoma City. Keberadaan mereka itu sangat berarti karena memberikan dukungan bagi Westbrook untuk bermain pada tingkat permainan yang tinggi.

Saat menyampaikan sambutan, Westbrook sempat terhenti sesaat. Ia menahan tangisnya ketika menyampaikan rasa terima kasih kepada sang ibunda, Shannon Horton, adik laki-lakinya, Raynard, serta istrinya, Nina yang baru 16 Mei lalu melahirkan putra pertama mereka, Noah Russell Westbrook.

"Keluarga saya, untuk merekalah saya bermain. Setiap malam, kalian selalu menyaksikan dan memberikan teriakan guna menyemangatiku. Memukul dadaku. Apa pun. Apa pun kulakukan (untuk mereka)," tuturnya.

"Penuh emosi, itulah untuk keluargaku. Sebab, mereka telah mengorbankan apa pun, dalam setiap tingkatan yang saya tahu telah mereka lakukan. Untuk itulah saya sangat berterima kasih telah memiliki mereka dalam hidup saya, terutama atas kedatangan mereka malam ini," ujarnya.

Westbrook juga mengungkapkan kebiasaan kecilnya ketika bermain gim video.

"Saya ingat waktu kecil di rumah, saat bermain gim video bersama ayah. Ibunda ada di sana, begitu juga dengan adik saya."

Kala itu, lanjut Westbrook, "Saya berkata mungkin suatu hari nanti saya bisa menjadi MVP. Tentu saja saat itu saya hanya bercanda. Akan tetapi, sekarang setelah berdiri dengan trofi di sebelah saya, ini benar-benar berkat. Ini sungguh luar biasa, sesuatu yang tak pernah saya bayangkan sebelumnya".

Versi cetak artikel ini terbit di harian Kompas edisi 13 Juli 2017, di halaman 16 dengan judul "Berkat "Brothers" dan Keluarga".

    Baca Juga

    • Westbrook Tunjukkan Perannya di OKC

      Russell Westbrook, point guard Oklahoma City Thunder, kembali mencetak triple double untuk sekaligus mengantarkan timnya mengungguli tim tuan rumah, New York Knicks, Selasa (29/11) pagi WIB.Pada pert

    • ”Triple Double” Jadi Jalan Westbrook Menuju MVP

      DeMar DeRozan, shooting guard Toronto Raptors, menjadi salah satu penggemar Russell Westbrook, point guard sekaligus shooting guard Oklahoma City Thunder.”Saya sudah pasti penggemarnya. Itu sebabnya

    • ”Triple Double” Lawson Menangkan Kings atas Suns

      Bagi beberapa pebasket, mencetak triple double bukan menjadi hal sulit. Lihat saja Russell Westbrook, point guard sekaligus kapten tim Oklahoma City Thunder. Westbrook, hingga musim kompetisi basket

    • Westbrook Redupkan ”King” James

      Juara NBA 2016, Cleveland Cavaliers, yang diperkuat pemain bintangnya, LeBron ”King” James, dipermalukan Russell Westbrook dan kawan-kawan saat bertarung di kandang Oklahoma City Thunder. Pertarungan

    • ”Triple-Double” untuk HUT Kyrie Irving

      Cleveland, Rabu Kyrie Irving, point guard Cleveland Cavaliers, merayakan hari ulang tahun ke-24-nya dengan nyaris membuat triple-double ketika timnya menang 113-104 atas Milwaukee Bucks, Rabu (23/3/2

    KOMENTAR

    Ayo sampaikan pendapat Anda tentang artikel ini!
    Login untuk mengirim komentar.

    Kembali ke Atas