Rubrik

sosok > "Duta" Akrobatik Sepeda "Trials"


Danny MacAskill

"Duta" Akrobatik Sepeda "Trials"

Danny MacAskill adalah sosok yang dilahirkan di era digital. Kehidupan lelaki asal Dunvegan, Pulau Skye, Skotlandia, itu langsung berubah berkat atraksinya dengan sepeda gunung dan sepeda "trials" di sejumlah tempat, ditonton jutaan orang dari seluruh belahan dunia. Semua itu buah dari

Getty Images/Mark Thompson

ketekunan dia berlatih keras menguasai sepeda gunung, khususnya sepeda "trials".

Mantan pekerja bengkel sepeda itu kini menjadi "duta" atraksi sepeda gunung trials setelah rekaman video atraksi jalanan sepedanya yang berdurasi 5,5 menit berjudul "Inspired Bicycles" ditayangkan di Youtube, 19 April 2009. Hanya dalam semalam video itu telah dilihat ratusan ribu pasang mata dan hingga kini sudah ditonton lebih dari 38 juta kali.

Aksi-aksi ekstrem, antara lain meloncat dari gedung ke gedung dengan menggunakan sepeda trials, berjalan di atas pagar besi, meloncat dari atas bangunan tinggi atau jembatan, naik gunung dan bukit tinggi dengan sepeda MTB, dan menuruni gunung-gunung terjal, seperti sulit diterima akal.

Kemampuan MacAskill menjadikan dirinya sebagai duta atraksi sepeda trials dunia. Dia pun menjalani rangkaian tur Drop and Roll-nya ke sejumlah negara.

Berkat upaya PB ISSI, Indonesia beruntung menjadi salah satu negara yang didatangi MacAskill dan tim. Bersama dua rekannya yang juga pesepeda trials profesional, Ali Clarkson dan Duncan Shaw, MacAskill memukau para penggemar atraksi sepeda trials di JCC Jakarta, 19-20 Agustus, di tengah perhelatan Goifex 2017.

"Senang sekali bisa tampil di Jakarta. Ini pertama kalinya saya ke Indonesia. Saya lihat di sini juga ada cukup banyak pengendara trials yang bagus," kata MacAskill.

Akrobatik sepeda

Dengan menggunakan sepeda trials, sepeda yang bentuknya mirip sepeda BMX tetapi memiliki perbedaan geometri dan beberapa perbedaan lain, MacAskill, Clarkson, dan Shaw menunjukkan aksi jawara bersepeda.

Mereka melompat dari satu tempat ke tempat lain, memanfaatkan lintasan yang hanya pas untuk ban sepeda. Mereka piawai menjaga keseimbangan sepeda di ruang yang sangat sempit atau melompat dari satu bidang ke lain dengan mudah.

Mereka pun tampak sangat menikmati berakrobatik dengan sepeda dan benar-benar menyatu dengan sepeda masing-masing.

Akan tetapi, apa yang bisa disaksikan dalam pertunjukan bertajuk "Drop and Roll" itu belumlah seberapa dibandingkan dengan aksi-aksi MacAskill dalam sejumlah rekaman videonya yang bisa disaksikan di Youtube ataupun situs resmi Danny MacAskill.

Wajarlah jika sejak video atraksi sepeda trails itu mendunia, MacAskill kemudian direkrut Red Bull Media House yang kemudian memproduksi lebih banyak lagi rekaman atraksi MacAskill, antara lain dalam video bertajuk "Way Back Home" (2010), yang menunjukkan perjalanan dari Edinburg, Skotlandia, menuju kampung halaman Dunvegan. Dalam video yang sudah ditonton lebih dari 38 juta kali itu MacAskill mengangkat sepeda trials ke derajat yang jauh lebih tinggi.

    KOMENTAR

    Ayo sampaikan pendapat Anda tentang artikel ini!
    Login untuk submit komentar.

    Kembali ke Atas